Oleh-Oleh Dari P2T Jawa Timur


Dalam suatu kesempatan, R. Setyadi Aris Handoyo selaku Ketua Kelas Peserta Diklat Reform Leader Academy (RLA) Angkatan XIII dan Massaputro Delly TP (Tim RLA XIII Provinsi Banten) dapat berkunjung ke kantor P2T Jawa Timur, atau Pelayanan Perizinan Terpadu. P2T merupakan Unit Pelaksana Teknis (UPT) dari DPMPTSP Prov Jawa Timur (07/09/2018). Ada dua hal titik berat dalam kunjungan ini adalah melihat pelaksanaan pelayanana peizinan secara dekat (best practice) di Jawa Timur dan keberadaan Help Desk OSS.

Dalam hal penyelenggaraan perizinan, ada kekhususan mengingat wilayah Jawa Timur yang cukup luas, 29 Kabupaten dan 9 Kota, maka untuk meningkatkan pelayanan terdapat "service point" di beberapa wilayah untuk mendekatkan masyarakat. Masyarakat yang jauh dari ibukota Surabaya, cukup datang ke service point tersebut, hemat biaya dan hemat waktu. Satu service point hanya ada dua petugas perizinan.

Terkait Help Desk OSS, sudah terdapat ruangan khusus dilengkapi dengan komputer layar lebar untuk memberikan kenyamanan investor bila kesulitan melakukan perizinan secara online. Petugas khusus pun siap melayani dan menjelaskan.

Selain itu, Tim RLA XIII ini pun membahas tentang tugas yang diberikan yaitu implementasi Rencana Aksi Reformasi Birokrasi Nasional (RBN) yang telah disusun. Diperoleh beberapa kesimpulan dari bahasan yaitu akan dilakukannya beberapa agenda pertemuan: 
  • Agenda Pertama, direncanakan pertemuan/rencana aksi RBN pada akhir bulan September 2018 di Tangerang, Banten. 
  • Agenda Kedua, direncanakan pada awal bulan Oktober di Semarang, Jawa Tengah. 
  • Agenda Ketiga, diharapkan dilaksanakan di Surabaya Jawa Timur pada akhir bulan Oktober.

Kunjungan ini diterima oleh salah satu pejabat di P2T Jawa Timur dengan didampingi oleh Tim RLA XIII Jawa Timur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages