Road to Vietnam

Sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan, International Benchmarking dimulai dari tanggal 14 sampai dengan 18 Agustus 2018. Keberangkatan dimulai dari kampus LAN Pejompongan dengan menggunakan bis menuju Terminal 2 Bandara Internasional Soekarno Hatta. Perjalanan menuju Vietnam tidak ada penerbangan langsung, harus transit dulu, Singapura atau Malaysia, dan kami menggunakan penerbangan Singapore Airlane sehingga akan transit di Bandara Changi Singapura.

Sehubungan dengan keluar negeri dalam rangka dinas, maka pasport yang digunakan pasport biru, tetapi ada beberapa peserta diklat harus menggunakan pasport hijau karena pasport birunya tidak dapat dikeluarkan/terbit.


Penerbangan Jakarta - Singapura menggunakan Singapore Airline tetapi untuk Singapura - Hanoi/Vietnam menggunakan SilkAir, masih satu perusahaan dengan SingAir. Setelah melalui penerbangan yang panjang hampir enam jam, kami pun mendarat di Bandara Internasional Noi Bai Hanoi, selanjutnya perjalanan dilanjutkan menggunakan bis menuju Lan Vien Hotel tempat rombongan menginap. Perjalanan bandara hotel kurang lebih 45 menit. Selagi proses check-in dilakukan penggantian chip ponsel khusus traveler seharga 210 ribu Dong atau setara 150 ribu Rupiah. Chip ini berlaku selama satu minggu berisi paket data 4 GB. Jadi kalau berkomunikasi hanya bisa melalui media sosial.

Agenda pertama setelah sampai di hotel adalah check-in dan makan malam. Disinilah uniknya makan malam ala Vietnam. Pertama kali suguhan yang disajikan setelah kami berkumpul di meja makan adalah hidangan pembuka, seperti sup, salad, kemudian hadir lauk pauk. Dikira sudah usai sajian tersebut, tetapi ditengah-tengah santapan ternyata di akhir sesi baru dikeluarkan nasi. Diluar dugaan, dikira sajian makan malam tanpa nasi, berbeda dengan ala Indonesia dimana nasi akan terlebih dahulu dikeluarkan atau bebarengan dengan lauk-pauk. 

Sajian seperti ini akhirnya kami ketahui setelah hari-hari berikutnya, memang demikian cara sajiannya sehingga konsumsi nasi memang sedikit.


Makan malam usai, agenda berikutnya istirahat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages