Kapabilitas Kolektif RLA

Sehari setelah pembukaan, yiatu pada hari Rabu, 1 Agustus 2018, peserta Reform Leader Academy Angkatan XIII diboyong ke Cibubur-Bogor untuk mengikuti materi pelatihan Kapabilitas Kolektif. Materi ini merupakan Outdoor Learning Experience bekerjasama dengan lembaga pelatihan outdoor TRUSTCO.

Kemampuan kolektif merupakan pengembangan kemampuan individu untuk kepentingan kelompok atau organisasinya. Pengembangan kemampuan kolektif ini dilakukan dengan Pendekatan aktifitas outdoor sehingga dapat mengakomodasi pembelajaran model orang dewasa yaitu belajar dari apa yang dialami (action), yang mana praktisasinya dihubungkan (reflection) dengan permasalahan hidup sehari-hari.


Berbagai aktivitas dilakukan, dengan bimbingan TRUSTCO dan pengajar dari LAN, peserta diajak bermain, berdiskusi, dengan memecahkan masalah yang dihadapi, baik secara individu maupun berkelompok. 


Mata Pelatihan ini membekali peserta dengan kompetensi membangun semangat kebersamaan melalui pembelajaran menyadari makna kebajikan, peran kerjasama, keberhasilan bersama, menyadari potensi pribadi dan potensi bersama, mengekspresikan potensi dan kebajikan yang dimiliki, dan mengeluarkan potensi dan kebajikan. Pembelajaran dilaksanakan dengan menggunakan metode di alam terbuka dan diberikan dalam bentuk paket pembelajaran. Keberhasilan peserta dinilai dari kemampuan menunjukkan potensi dalam membangun semangat kebersamaan.



Outdoor Learning tidak sekedar memindahkan pelajaran ke luar kelas, tetapi dilakukan dengan mengajak peserta menyatu dengan alam dan melakukan beberapa aktivitas yang mengarah pada terwujudnya perubahan perilaku peserta terhadap lingkungan melalui tahap-tahap penyadaran, pengertian, perhatian, tanggungjawab dan aksi atau tingkah laku. Aktivitas luar kelas dapat berupa permainan, cerita, olahraga, eksperimen, perlombaan, mengenal kasus-kasus lingkungan di sekitarnya dan diskusi (Husamah, 2011).


ke Google view image button visible again: https://goo.gl/DYGbub

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages