Catatan Benchmarking: Belajar ala VCCI


Rangkain kunjungan ke negara sahabat diakhiri dengan visitasi ke VCCI, atau The Viet Nam Chamber of Commerce and Industry (16/08/2018).  VCCI merupakan kamar dagang dan industri yang dimiliki oleh negara Viet Nam. VCCI adalah organisasi nasional yang merakit dan mewakili komunitas bisnis, pengusaha dan asosiasi bisnis dari semua sektor ekonomi di Viet Nam. Untuk mempromosikan perdagangan dan hubungan bisnis dengan perusahaan di luar negeri adalah salah satu fungsi utamanya. Organisasi ini merupakan organisasi independen, non-pemerintah, nirlaba yang berstatus badan hokum dan beroperasi dengan otonomi keuangan terdiri atas Excecutive Commitee dan Standing Committee serta memiliki 9 (sembilan) cabang yang tersebar di beberapa provinsi.

Hasil Observasi dalam visitasi di VCCI diperoleh beberapa hal sebagai berikut:
  • VCCI sebagai wadah pemersatu pengusaha di Viet Nam memiliki 2 fungsi penting, baik kepada Pemerintah maupun kepada pengusaha-pengusaha itu sendiri;
  • terhadap pemerintah, VCCI sangat berperan penting dalam melakukan evaluasi dan masukan terkait pengembangan investasi dan ekonomi di Viet Nam khususnya dalam hal penyusunan kebijakan, peminjaman modal, penurunan pajak dan peningkatan badan usaha kecil termasuk memberikan usulan terhadap revisi regulasi yang dianggap tidak kondusif terhadap iklim investasi. VCCI juga melakukan pemeriksaan dan evaluasi kinerja kementerian dan melakukan survey kepuasan publik terhadap pelayanan instansi pemerintah. Dalam pelaksanaannya, VCCI memberikan laporan secara berkala setiap bulan ke Perdana Menteri dan setiap 3 bulan ke Pemerintah Viet Nam.
  • Terhadap pengusaha/investor, VCCI memiliki peran penting dalam mendorong pengusaha yang berjumlah 700 ribu badan usaha (2000 diantaranya badan usaha milik Negara) untuk berkolaborasi mengembangkan usahanya. VCCI dalam memperjuangkan nasib pengusaha, berupaya memberi solusi kepada pemerintah untuk memangkas prosedur yang menyusahkan badan usaha kecil dan juga memperjuangkan agar badan usaha kecil tersebut dapat mendapatkan modal dan lokasi/tanah dengan mudah. VCCI juga memfasilitasi adanya dialog aktif antara pengusaha dengan pemerintah terutama menteri dan pejabat pemerintah yang berwewenang melalui forum warung kopi dimana para pengusaha diberikan kesempatan yang sebesar-besarnya untuk bertanya dan mendapatkan solusi nyata mengenai persoalan dalam berinvestasi/berusaha.
  • Saat ini ekonomi swasta di Viet Nam sedang menjadi harapan untuk pengembangan perekonomian Viet Nam. Kamar Dagang Viet Nam juga sudah selama 10 (sepuluih) tahun menyampaikan rekomendasi dan solusi kepada pemerintah secara aktif. VCCI juga terlibat langsung dalam pemerintahan dimana beberapa anggotanya menjadi pejabat tinggi pemerintah Viet Nam.
  • Terkait dengan pemberian surat ijin usaha, Kamar Dagang tidak menerbitkan surat ijin tersebut namun kementerian terkait yang akan menerbitkan surat ijin termasuk juga dinas yang ada di tingkat provinsi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages